CAMAT KEJURUAN MUDA PIMPIN SERTIJAB DATOK PENGHULU

 

Kejuruan Muda- Pasca pelantikan Datok Penghulu terpilih oleh Wakil Bupati Aceh Tamiang tanggal 03 Oktober 2019 lalu, sebanyak 3 (tiga) Datok Penghulu di Kecamatan Kejuruan Muda melaksanakan serah terima jabatan di kampung masing-masing, Senin (7/10).

Ketiga Datok Penghulu yang melaksanakan serah terima jabatan yakni Datok Penghulu Tanjung Genteng dari Sartu kepada Mahyuli, Datok Penghulu Suka Makmur dari Listomi kepada Muhammad Darma dan Datok Penghulu Alur Selebu dari Deddy Haryanto, SE kepada M. Azman.

Camat Kejuruan Muda Rusni Devi Ariyanti M, S.STP dalam sambutan menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah membantu dalam suksesi pelaksanaan pemilihan Datok Penghulu sehingga seluruh tahapan pemilihan dapat berjalan dengan aman, adil dan demokratis serta rangkaian ucapan selamat bergabung dalam keluarga besar Forum Kecamatan Kejuruan Muda kepada Datok Penghulu yang baru.

Camat Kejuruan Muda juga mengingatkan kembali penekanan pimpinan daerah tentang isu krusial yang terjadi di tingkat kampung mengenai mekanisme dan tanggung jawab dalam mengelola dana desa, “kenapa hal ini menjadi sesuatu yang genting? Karena hilangnya kepercayaan masyarakat terhadap para penyelenggara pemerintahan, dan inilah yang sesungguhnya menjadi pekerjaan rumah yang harus segera diselesaikan”jelasnya.

Camat Kejuruan Muda juga menekankan pentingnya melakukan pengambilan kebijakan yang berdampak luas dengan berlandaskan kepada legalitas dan bersandarkan kepada legitimasi, dengan harapan segalanya akan berjalan dengan sebagaimana yang diharapkan hingga berakhirnya masa pengabdian 6 tahun kedepan.

“Kembalikan lagi rasa kepercayaan masyarakat, make clarity! buatlah semuanya menjadi jelas, kuncinya dengan transparansi dan akuntabilitas sehingga kejelasan tentang baiknya pengelolaan pemerintahan itu bukan lagi bersumber dari para subyek penyelenggara melainkan dari objek yang menerima dampak dari penyelenggaraan itu sendiri”, pungkasnya.

GEBYAR TAHUN BARU ISLAM 1 MUHARRAM 1441 HIJRIYAH DI KEJURUAN MUDA

Kejuruan Muda - Dalam rangka memperingati Tahun Baru Islam 1 Muharram 1441H, Forkopimcam Kejuruan Muda Kabupaten Aceh Tamiang bersama seluruh jajaran yang bekerjasama dengan para Da'i Kecamatan dan para Da'i Perbatasan mengadakan serangkaian acara peringatan Tahun Baru Islam 1 Muharram 1441H.

Acara yang dilaksanakan di halaman Masjid Al-Ikhsan Sungai Liputdiawali dengan Do'a Bersama, Kata Sambutan oleh Camat Kejuruan Muda Rusni Devi Ariyanti M, S.STP dan dilanjutkan dengan berbagai macam acara perlombaan yang diikuti oleh para siswa-siswi tingkat SD, SMP dan SMA dalam Kecamatan Kejuruan Muda. Adapun perlombaan yang diadakan yakni Lomba Adzan, Hafalan Ayat Pendek, Busana Muslim dan Muslimah serta Sepeda Hias, acara berlangsung meriah dan juga para peserta juga sangat antusias dalam mengikuti acara. Diakhir acara Panitia Peringatan Tahun Baru Islam 1 Muharram 1441 Hijriyah yang diketuai oleh Ustad Sariyanto juga menyediakan doorprize untuk seluruh peserta.

Camat Kejuruan Muda Rusni Devi Ariyanti M, S.STP menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh panitia pelaksana, kepada siswa-siswi yang mengikuti acara ini dan seluruh masyarakat yang ikut berpartisipasi hingga terselenggaranya acara ini, semoga melalui momentum Tahun Baru Islam 1441 Hijriyah ini dapat meningkatkan iman dan taqwa kita serta mempererat persatuan dan kesatuan bangsa.

 

 

 

 

 

 

 

SEMARAK PERINGATAN HUT KEMERDEKAAN RI KE-74 TAHUN 2019 DI KECAMATAN KEJURUAN MUDA

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Kejuruan Muda – Rangkaian Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia Ke-74 Tahun 2019 Forkopimcam Kejuruan Muda melaksanakan Upacara Pengibaran Bendera Merah Putih yang dihadiri Forkopimcam Kejuruan Muda dan seluruh jajarannya, Anggota DPRK Aceh Tamiang Dapil III, Para Kepala Mukim, Para Datok Penghulu dan Perangkat Kampung, Pimpinan Instansi Vertikal, Pimpinan Perusahaan dan para siswa-siswi Tingkat SD, SMP dan SMA dalam wilayah Kecamatan Kejuruan Muda dan seluruh elemen masyarakat yang ikut serta menyaksikan upacara tersebut(17/8).

Bertindak sebagai Inspektur Upacara Camat Kejuruan Muda Rusni Devi Ariyanti M, S.STP, Komandan Upacara Serda Rio U Sembiring Anggota Koramil Kejuruan Muda, Pasukan Pengibar Bendera yang terdiri dari Putra-Putri terbaik Kecamatan Kejuruan Muda merupakan Siswa-Siswi SMA Negeri 2 Kejuruan Muda, Siswa-Siswi SMA Negeri 4 Kejuruan Muda, Siswa-Siswi MAN Kejuruan Muda dan Siswa-Siswi SMK Maimun Habsyah untuk Pembacaan Teks Proklamasi oleh Anggota DPRK Aceh Tamiang Dapil III dari Partai Aceh sdr. Miswanto.

Seusai pelaksanaan Upacara Pengibaran Bendera Merah Putih, dilanjutkan dengan Parade Drum Band Siswa/siswi SD Negeri Bukit Rata yang mengiringi Perlombaan Pakaian Adat Siswa-Siswi tingkat SD/SMP. Untuk lebih menyemarakkan panitia juga mengadakan Perlombaan dan Hiburan Rakyat lainnya seperti Panjat Pinang, Paduan Suara Siswa-Siswi Tingkat SMA, Gerak Jalan Tingkat SMP/SMA untuk ibu-ibu                        TP-PKK Kampung se-Kecamatan Kejuruan Muda juga mengadakan Perlombaan Senam antar TP-PKK Kampung dan pada hari sebelumnya juga telah diadakan Perlombaan Paduan Suara antar TP-PKK Kampung, Lomba Memasak B2SA juga khusus untuk pemuda diadakan Turnament Volly yang memperebutkan Piala Bergilir Forkopimcam Kejuruan Muda.

Dalam momentum Hari Kemerdekaan ini Camat Kejuruan Muda mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah ikut serta berpartisipasi mensukseskan acara HUT Kemerdekaan RI Ke-74 dalam wilayah Kecamatan Kejuruan Muda Tahun 2019 yang tidak lepas dari tema “SDM UNGGUL INDONESIA MAJU” khususnya Kecamatan Kejuruan Muda  dan Indonesia umumnya secara menyeluruh.

3 Kampung di Kecamatan Kejuruan Muda Laksanakan PILDATOK"

"3 Kampung di Kecamatan Kejuruan Muda Laksanakan PILDATOK"

 

Kejuruan Muda - Untuk memenuhi jabatan Datok Penghulu yang defenitif yang kosong pada Tahun 2019, 3 kampung dalam wilayah Kecamatan Kejuruan Muda Kabupaten Aceh Tamiang laksanakan PILDATOK. Adapun kampung yang melaksanakan PILDATOK yakni Kampung Alur Selebu, Kampung Suka Makmur dan Kampung Tanjung Genteng ketiga kampung tersebut termasuk didalam wilayah Kemukiman Bukit Rata Kecamatan kejuruan Muda. Dari ketiga kampung yang melaksanakan PILDATOK guna memenuhi Jabatan Datok Penghulu Defenitif yang kosong dikarenakan Datok Penghulu yang habis masa jabatan, Datok Penghulu yang Meninggal Dunia dan Datok Penghulu yang mengundurkan diri dan untuk sementara ini masih di isi oleh Penjabat Dato Penghulu dari Kecamatan dan Sekretaris Kampung.

Kampung Alur Selebu yang telah melaksanakan PILDATOK pada 4 September 2019 dengan Calon Datok Penghulu berjumlah 6 Orang dan yang terpilih menjadi Datok Penghulu Defenitif sdr. Azman dengan perolehan suara sebanyak 336 suara, Kampung Suka Makmur melaksanakan PILDATOK pada 9 September 2019 dengan Calon Datok Penghulu berjumlah 6 Orang dan yang terpilih menjadi Datok Penghulu Defenitif sdr. Muhammad Dharma dengan perolehan suara sebanyak 425 suara dan pada hari yang sama Kampung Tanjung Genteng juga melaksanakan PILDATOK dengan Calon Datok Penghulu berjumlah 7 Orang dan yang terpilih menjadi Datok Penghulu Defenitif sdr. Mahyuli dengan perolehan suara sebanyak 246 suara.

Dalam kesempatan ini Camat Kejuruan Muda Rusni Devi Ariyanti M, S.STP mengucapkan selamat kepada para Datok Penghulu terpilih dan berpesan dalam mengemban tugas agar mengedepankan kepentingan umum, pembangunan kampung yang bertujuan untuk kemajuan bersama.

Forkopimcam Kejuruan Muda Laksanakan Gotong Royong Masal

Kejuruan Muda - Forkopimcam Kejuruan Muda dan jajaran bersama warga melaksanakan gotong royong membersihkan lingkungan, gotong royong ini dilaksanakan serentak di 15 kampung yang berada dalam wilayah Kecamatan Kejuruan Muda Kabupaten Aceh Tamiang sesuai dengan Himbauan Bersama Forkopimcam Kejuruan Muda tentang perayaan Bulan Kemerdekaan jum'at (2/8) pagi. Fokus kegiatan gotong royong meliputi pembersihan sampah-sampah non organik, penyemprotan tumbuhan liar, pemangkasan dahan-dahan pepohonan yang dapat mengganggu pengguna jalan dan membersihkan saluran drainase permukaan parit dengan membuang dan mengalirkan material yang menggangu laju masa air.

Camat Kejuruan Muda, Rusni Devi Ariyanti M. S.STP mengatakan tujuan kegiatan gotong royong ini untuk menggugah kembali rasa persaudaraan dan semangat kerjasama dalam momentum peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-74, selain tujuan tadi Forkopimcam Kejuruan Muda memfokuskan hadir bergotong royong di kampung Jawa Kecamatan Kejuruan Muda dikarenakan terdapat 5 kasus suspect DBD dikampung ini, berkoordinasi dengan Puskesmas Kejuruan Muda agar dapat menghadirkan narasumber dari Dinas Kesehatan Kabupaten Aceh Tamiang guna memberikan edukasi pencegahan Demam Berdarah Dengue (DBD) yang disebabkan oleh Gigitan Nyamuk Aedes Aegypti dan Aedes Albopictus kepada masyarakat. Kedepannya Forkopimcam Kejuruan Muda akan meluncurkan program " RISI DASIH" singkatan dari " Risih Bila Tidak Bersih" yang acuan kegiatannya berupa gotong royong membersihkan lingkungan bersama warga dalam upaya menjaga dan melestarikan lingkungan yang dilaksanakan setiap bulan dengan disisipkan edukasi kepada masyarakat baik berupa materi pemberdayaan, materi pelestarian lingkungan, materi kesehatan dan pembinaan teritorial melalui pola sosialisasi persuasif.

Forkopimcam Kejuruan Muda mengajak dan menghimbau kepada seluruh elemen masyarakat untuk bersama-sama menjaga dan melestarikan lingkungan mengelola sampah alami dan rumah tangga dengan bijak, menanamkan sifat risih bila lingkungan disekeliling kita tidak bersih.